3 BAGIAN KARYA ILMIAH

Posted: Januari 5, 2013 in Uncategorized
  • Pendahuluan

Pada bagian pendahuluan dikemukakan hal-hal yang berkenaan dengan latar belakang, pembatasan masalah, perumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat dan sumber data.

a.Latar Belakang Masalah

Pada bagian ini penulis mengemukakan sebab-sebab mengapa masalah tersebut, perlu diteliti dan ditulis. Misalnya, karena masalah yang dibahas mempunyai arti penting bagi perkembangan ilmu pengetahuan.

b.Pembatasan Masalah

Pembatasan masalah ini merujuk kepada masalah-masalah yang dikemukakan dalam latar belakang. Penulis membatasi ruang lingkup permasalahan agar lebih fokus dalam penelitian.

c.Per umusan Masalah

Perumusan masalah harus jelas. Permasalahan yang akan menjadi pembahasan penelitian diajukan dalam bentuk pertanyaan. Merujuk pada pertanyaan Itu penulis melakukan langkah-langkah penelitian dan penelaahan sesuai tujuan yang ingin dicapai.

d.Tujuan Penelitian

Dalam tujuan penelitian arau penulisan, dikemukakan usaha-usaha dan hasil¬hasil yang telah dicapai penulis secara garis besar. Jika karya ilmiah bertujuan menyampaikan pandangan atau penilaian penulis tentang topik yang telah diteliti, tujuan umumnya mengemukakan hipotesis penelitian dan penilaian penulis sesudah peneliti

d. Manfaat Penelitian

Manfaat penelitian dapat diuraikan secara umum dan khusus. Misalnya, untuk kepentingan praktis, bidang keilmuan atau bidang profesi penulis, atau untuk kepentingan kelompok.

f. Penentuan Sumber Data

Bagian ini meliputi populasi dan Sampel. Populasi dalam metodologi penelitian berarti sekelompok orangn, benda atau hal yang menjadi sumber pengambilan sampel penelitian. Sampel berarti contoh, yakni bagian kecil data penelitian yang dianggap dapar mewakili keseluruhan data yang dianalisis untuk memperoleh informasi tentang seluruh data penelitian.

g. Apa yang dimaksud dengan hipotesis ?

Hipotesis adalah sesuatu yang dianggap benar untuk alasan atau pengutaraan pendapat meskipun kebenarannya masih harus di buktikan

h. Definisi Operasional

Definisi operasional adalah rumusan tentang ruang lingkup dan ciri-ciri suatu konsep yang menjadi pokok pembahasan dan pendirian karya ilmiah. Biasanya, definisi operasional menguraikan rumusan kata anti Erase yang terdapat dalam judul.’

  • Isi atau Pembahasan

Pada bagian ini dikemukakan gagasan permasalahan yang hendak disampaikan. Jika karya tulis itu merupakan sebuah laporan penelitian, di dalamnya di kemukakan temuan-temuan dan analisis terhadap data sebagai hasil dari penelitian yang telah dilakukan.

  • Penutup

Bagian penutup di isi dengan kesimpulan dan saran atau rekomendasi. Di dalamnya,dikemukakan secara singkat masalah-masalah penting dari pembahasan sebelumnya. rekomendasi pada intinya merupakan tindak lanjut yang dikehendaki atas temuan atau masalah-masalah yang belum dibahas dalam karya tulis itu.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s